Blogger Jateng

ARUNG JERAM ARUS CIKANDANG GARUT


Kota Garut Jawa Barat. Kota Garut sekarang sudah terkenal sapa yang tidak tau kota Garut . Kota ini biasanya dipadati oleh pemudik saat hari raya besar tiba seperti Idul fitri, Idul Adha, Natal, dan hari-hari besar lainnya. Pada saat itu juga keadaan jalanan menuju kota Garut sangat tampak padat dan macet. Kondisi jalannya yang menanjak dan berliku, tentunya membuat para pengemudi lebih berhati-hati jika ingin menuju kota Garut. Akan tetapi, kota Garut sangat kaya akan keindahan alamnya dan tempat wisatanya. Salah satu yang menarik dan cukup menantang adalah wisata arung jeram yang berada di kota Garut, Jawa Barat.
Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Garut memiliki potensi wisata arung jeram yang sangat menantang dengan pemandangan yang sangat indah, tepatnya di dua sungai yaitu Cikandang dan Cimanuk. Bagi anda yang gemar Rafting atau arung jeram Garut, bisa mencobanya di kawasan Garut yang tak jauh dari pusat kota, kab. Garut. Cobalah tantangan rafting di sungai yang membelah pusat kota Garut yaitu sungai Cimanuk. Wisata arung jeram di sungai Cimanuk memiliki daya tarik tersendiri dan cukup menantang, karena memiliki karakteristik yang tepat dijadikan pilihan sebagai tempat Rafting. Derasnya air sungai Cimanuk dirasa menantang bagi pemilik nyali dan pemberani olah raga air yang satu ini. Selain sungai Cimanuk, sungai Cikandang juga termasuk dalam arung jeram yang berada di kota Garut. Wisata bermain Arung Jeram di Sungai Cikandang dan Cimanuk Kota Garut Jawa Barat ini cukup diminati oleh para wisatawan yang sedang berlibur di kota Garut. Berikut ulasan mengenai arung jeram yang berada di sungai Cikandang dan Cimanuk kota Garut !



 Sungai Cikandang Kota Garut Jawa Barat

 Sungai Cikandang Kota Garut Jawa Barat
Salah satu aktivitas wisata yang ada di Kabupaten Garut berupa arung jeram sungai Cikandang yang terletak di Desa Sukamulya Kecamatan Pakenjeng. Objek wisata ini terletak 400 m di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan bergunung, berbukit dan berlembah. Panjang sungai yang sering dipakai sebagai daya tarik wisata arung jeram ini 28 km dengan lebar 5-8 m. Kualitas lingkungan dan kebersihan di sungai Cikandang ini tergolong baik karena kawasan wisata arung jeram ini masih sangat alami. Tingkat kemiringan lahan sungai agak curam dengan stabilitas dan daya serap tanah yang baik. 

Temperatur rata-rata berkisar antara 30-40 derajat celcius, dengan penyinaran matahan rata-rata tergolong terik dan terdapat pengaruh musim pada saat musim hujan air di sungai Cikandang sangat deras sehingga sangat baik untuk melakukan kegiatan wisata arung jeram, sedangkan pada saat musim kemarau menjadi surut sehingga kegiatan wisata arung jeram sulit dilakukan. Kekuatan tiupan angin tergolong tidak terlalu besar.
Perairan di sungai Cikandang berwarna hijau kecoklatan dengan bau dan temperatur air normal. Rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang 1-2 m, sehingga merupakan tantangan yang menantang dalam kegiatan arung jeram. Material dasar sungai berupa Lumpur, batu kali dan kerikil dengan tingkat kemiringan dasar sungai yang variatif, dari landai ke curam, serta jenis ground cover berupa tanah liat dan bebatuan.

Posting Komentar untuk "ARUNG JERAM ARUS CIKANDANG GARUT"